when you hit rock bottom

Semua yang saya tulis ini dari perspektif student yang pernah gagal, yang pernah ada di low point atau bahasa planetnya Tiefpunkt. Kalau kamu belum pernah ada di poin itu, good for you. tapi nggak ada salahnya belajar dari pengalaman orang lain, dari pengalaman saya. :)

Seperti yang kalian semua tau, saya dari dulunya emang nggak jenius. Dari SD sampe SMA selalu ada di tengah-tengah. Nggak pinter banget sampe darahnya di perebutin anak2 SD (kayak darahnya Fathin si anak pinter) *calon dukun nih emang*, tapi saya juga ga pernah jadi peringkat terbawah di kelas. Semuanya juga berjalan mulus-mulus aja sampe saya masuk SMP unggulan dan sejarah berulang lagi dengan nilai yang rata-rata aja. Masuk sepuluh besar, tapi jauh dari peringkat 1. dan jujur saya sih santai bo, nggak ngoyo belajar malah sibuk naksir kakak kelas bahahaha. Tapi ternyata nilai saya cukup bagus loh buat masuk SMA TN. di TN pun juga ga beda, sering HER, tapi juga nggak bego2 amat sampe nggak naik kelas.

Sampe akhirnya saya gagal masuk universitas negeri. The first time i've ever hit the rock bottom. Clueless. Karena kamu punya target dan gagal. Dan nggak tau selanjutnya gimana, padahal kamu tahu langkah selanjutnya bener-bener bisa mengubah hidup kamu (let say, gagal masuk uni negeri nggak sama kayak gagal masuk SMA unggulan kan?). Dan karena orang tua masih di samping saya, semuanya keurus dengan bagaimana biasanya, lancar bersih aman nyaman.

Dan semuanya berjalan tenang-tenang aja sampe WS 2010/2011 saya udah pernah ngebahas di blog ini kalo semester itu, lebih tepatnya tahun itu, bener-bener bisa dibilang hancur lebur. udah pernah ngerasain nggak mauuuu banget sekolah, rasanya semua usaha nggak maksimal, dan semuanya berantakan. That was my second time at the lowest point. Kamu nggak akan pernah bisa bayangin berapa terpuruknya saya waktu itu, ini nggak übertrieben ya. Karena waktu itu kejadian saya juga bisa nutupin semuanya dengan baik. nggak ada yang tau. nggak ada yang saya ceritain, tepatnya nggak ada yang bisa saya ajak cerita. dan saya ngerasa nggak ada yang bisa ngerti. sok-sokan aja gitu punya rencana ini itu, tapi nyatanya depresi. Dan waktu itu saya literally sendirian. apa sih yang bisa kamu lakuin sebagai anak umur 20 tahun. nggak bisa balik ke balik ketek ibu bapak. bahkan waktu itu saya bohong sama bapak ibu bahwa semuanya baik-baik aja, karena takut mereka khawatir. dan ekspektasi yang besar sama saya bikin saya makin stress. ah yes. depressed, alone, and lonely. 

Tapi alhamdulillah, Allah Maha Baik, kita akan selalu dikasih kesempatan untuk refresh hidup kita, selama kita masih mau usaha. bakal ada satu detik turning point dimana kamu akan mikir, "aku nggak boleh kayak gini lagi. aku harus berubah." waktu kamu punya pikiran kayak gitu, kamu harus dengerin diri kamu sendiri, jangan cuma diabaiin. Kadang kita kurang sensitif untuk ngedengerin hati kita, walau sebenernya kita tau dia bener.

Kadang kita emang dicemooh orang karena ini itu, tapi plis jangan didengerin. Kadang orang lain ngomong sesuatu yang ngegoyahin rencana besar kita untuk berubah, inget lagi kalo kamu punya tujuan.

Dan pasti akan selalu ada sesuatu yang bisa dipelajarin dari suatu kejadian, seburuk apapun itu. Ada banyak waktu dimana saya bersyukur banget pernah ada di titik gagal. Karena setiap saya inget, saya akan berusaha lebih keras, saya akan inget betapa nggak enaknya 'gagal dan terpuruk', dan saya nggak akan pernah mau lagi balik ke keadaan kayak gitu. Kadang dengan kamu pernah berada di titik itu, kamu bakalan tau apa yang sebenernya kamu mau. 

Gagal juga macem-macem kan ya, mungkin itu juga takdir bahwa saya nggak keterima univ.negeri, tapi itu mungkin juga akarnya dari saya yang belajar kurang keras. Apapun yang kita lakuin sekarang, jangan pikir hasilnya dulu, yang penting kita usaha semampu kita. seandainya emang kita nggak bisa dapet, mungkin itu bukan jalannya. tapi kita nggak akan nyesel karena kita udah usaha secara maksimum.


"I do not regret the things I've done, but those I did not do."

Rory Cochrane



saya juga nggak bilang kalo sekarang saya udah sukses dan puas sama keadaan. nggak sama sekali. saya masih jauuuuuuuuuuh banget dari dua kata itu. saya cuma pengen berbagi dan ngingetin diri saya sendiri kalo dari sesuatu yang buruk, masih ada pelajaran yang bisa diambil. kalo udah ketemu tembok, don't stop, panjat tembok itu, gimana caranya kamu bisa jalan terus. karena kamu emang harus ngehadepin itu. after all, problem is like a circle, you can go back or go around but you will end up find the same line. so face it now. 


sebenernya nyambung nggak sih ini post. hahaha biarin blog saya ini wek *kebiasaan ken*


everyone deserves happiness,
xoxo


Comments

Popular Posts